Blog

TIPS PENYINARAN AFDRUKAN DENGAN SINAR MATAHARAI

TIPS PENYINARAN AFDRUKAN DENGAN SINAR MATAHARAI

Untuk proses afdruk dengan penyinaran matahari bagi para pemula tidak perlu khawatir, terdapat cara-cara yang berikut. Simak yuk!

1. Bersihkan Screen

Langkah pertama yang perlu dilakukan ialah dengan mulai membersihkan screen sablonnya terlebih dahulu. Proses yang satu ini tentu sangat penting untuk dilakukan. Agar nantinya proses sablon dapat dilakukan dengan lebih maksimal. Sebab debu atau kotoran yang menempel di screen dapat mempengaruhi proses serta hasil afdruk an.

2. Campurkan Obat Afdruk

Langkah selanjutnya adalah dengan mencampurkan dua komponen obat afdruk. Perlu diketahui, bahwa obat afdruk ini umumnya terdiri dari cairan emulsi dan cairan sensitizer. Kedua komponen ini perlu dicampurkan agar afdruk menghasilkan efek gambar yang diinginkan. Untuk perbandingan antara emusli dengan sensitizer sendiri ialah 90:10, kemudian jika sudah tercampur diaduk secara merata.

3. Oleskan ke Screen

Jika proses aduk obat afdruk sudah selesai dilakukan, maka langkah selanjutnya adalah dengan mengoleskan obat tersebut ke screen yang sudah disiapkan sebelumnya. Oleskan dengan merata menggunakan alat oles khusus. 

4. Keringkan Afdruk

Apabila proses mengoleskan obat afdruk pada screen sudah selesai dilakukan, maka sangat penting untuk memastikan bahwa obat tersebut sudah teroles dengan rata. Selanjutnya, keringkan obat afdruk tersebut setelah proses pengolesan selesai. Proses ini bisa dilakukan di rak atau di meja menggunakan kipas angin, dan hindari menggunakan sinar matahari.

5. Pasang Film Sablon

Jika proses pengeringan sudah merata dan benar-benar kering hasilnya, maka langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah dengan memasang film sablon. Hal ini dapat memakai selotip di beberapa sisi agar film ini dapat menempel dengan baik sehingga tidak akan bergeser.

6. Penyiranan Screen

Ketika film sablon sudah terpasang dengan baik, maka selanjutnya dapat masuk ke proses penyinaran screen. Dalam proses ini menggunakan sinar matahari. Meskipun tetap dapat menggunakan cahaya lampu. Berikut beberapa tipsnya:

  • Sinari screen menggunakan cahaya matahari
  • Lakukan sampai benar-benar kering
  • Pastikan screen disinari sampai kering.

7. Siram dengan Air

Langkah selanjutnya, apabila screen sudah benar-benar kering saat disinari dengan sinar matahari ataupun cahaya lampu, maka dapat dimulai melepaskan peralatan afdruk yang sudah terpasang. Mulai dari film sablon atau yang lainnya. 

8. Keringkan Screen Lagi

Perlu diketahui bahwa proses pengeringan yang sudah selesai dilakukan ditandai dengan adanya lubang terbuka sempurna. Oleh karena itu, pastikan sudah ditemukan tanda ini terlebih dahulu. Jika sudah, maka lanjutkan dengan melakukan pengeringan screen kembali. 

9. Cek Keadaan Screen

Jika semua proses yang disebutkan di atas sudah dilakukan, maka langkah terakhir adalah dengan memastikan bahwa tidak ada bagian screen yang bocor. Apabila terdapat bagian yang bocor, maka segera lakukan penutupan.

Itu tadi beberapa cara afdruk screen sablon dengan sinar matahari yang dapat dilakukan. Selamat mencoba mas^^