Blog

Jenis-jenis Meja Sablon beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Jenis-jenis Meja Sablon beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Assalamu’alaikum Wr.Wb


Kali ini mimin ingin mengenalkan jenis-jenis meja sablon beserta kelebihan dan kekurangannya nih, yuk mari kita bahas satu-satu dari ENOL ya ^.^

Meja sablon merupakan alat bantu sablon, di Indonesia sendiri ada beberapa jenis meja sablon kaos yang digunakan industri rumahan hingga pabrik. Eits jangan menyangka kalau alat-alat ini merupakan buatan negeri tetangga, akan tetapi alat-alat ini merupakan hasil karya anak negeri Indonesia asli baik dari ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi).

Yuk mari kita liat jenis-jenis, serta kelemahan dan kelebihan meja sablon ini.

1. Meja Banting
Meja banting merupakan meja yang terbuat dari papan yang mempunyai jenis bahan yang banyak, missal terbuat dari MDF ataupun Multiplek, dan ukuran mejanya pun bermacam-macam, mulai dari 40x50 hingga 40x70 atau bahkan bisa lebih sesuai permintaan dan kenyamanan para sabloners. Disetiap meja ini terdapat baut, mur dan register meja banting, gunanya untuk memposisikan screen yang sudah dipasangi baut dan mur. Dinamakan meja banting kemungkinan dikarenakan screen seolah-olah dibanting pada papan sablon saat penggesutan.

Kelebihan :
- Efisien karena tidak memerlukan tempat yang banyak.
- Harga cenderung ekonomis.

Kekurangan :
- Ketika setting afdrukan, tidak bisa miring.
- Untuk memproduksi dalam jumlah banyak, cukup menyulitkan.

 

2. Meja Frame Presisi
Meja ini merupakan alat sablon yang sederhana yang terbuat dari bahan frame alumunium, dengan ukuran yang berbagai macam. Meja frame presisi ini juga membutuhkan bantuan alat, yaitu papan kaos jadi atau papan triplek yang berbentuk seperti kaos dan terdapat noken cewek diatas papan itu sesuai dengan posisi frame yang terdapat noken cowok. Dan cara kerjanya, screen dijepit dengan frame yang terdapat kayu ragum dan screenlock, dengan posisi screen diatur sesuai area letak sablon. Kemudian, kaos diletakkan / dimasukkan pada papan triplek / papan kaos jadi yang terdapat noken cewek. Noken cowok dan noken cewek berfungsi sebagai mempresisikan antara papan kaos dengan screen sablon, sehingga sablonan tepat pada posisi yang diharapkan.

Kelebihan :
- Harga ekonomis.
- Tidak memerlukan tempat yang luas.
- Setting screen mudah.
- InshaAllah, bisa untuk sablon full body. Tergantung ukuran kaos yaaa.

Kekurangan :
- Ribet.
- Untuk produksi kaos yang banyak, membutuhkan tenaga yang lebih. Karena frame beserta screen kudu diangkat dengan kedua tangan setiap kali gesut.

 

3. Meja Rell Panjang
Meja Rell Panjang merupakan jenis meja sablon yang rangkanya terbuat dari besi yang memanjang seperti rell kereta api, dan terdapat pentokan / register meja rell. Serta terdapat papan / palet untuk menggesut kaos / kain. Pada bagian screen sablon, screen untuk meja rell berbeda, yakni disetiap screen dipasangi / ditambahkan Lscreen, mur, dan baut tanam / T  agar screen dengan meja rell lebih presisi dan tidak goyah.
Meja Rell  secara garis besar ada 2 jenis, yaitu berupa meja rell dengan papan / palet utuh atau fullprint dan meja rell dengan papan / palet standar  berukuran sekitar 45cm x 60cm yang disusun berderet.

Kelebihan :
- Setting screen lebih mudah
- Tingkat presisi lebih baik
- Sekali produksi, bisa langsung lusinan / puluhan

Kekurangan :
- Membutuhkan tempat yang luas
- Biaya cenderung lebih mahal

 

4. Meja Catok
Meja catok merupakan meja yang rangkanya terbuat dari besi dan menggunakan engsel catok sebagai penjepit screen yang dipasangkan pada meja. Dengan demikian screen sudah bisa terpasang sesuai posisi yang diinginkan dan dikencangkan maka tidak akan terjadi pergeseran, screen bergerak naik turun atau buka tutup sesuai posisi engsel catok.

Kelebihan :
- Tingkat presisi joss
- Tidak memerlukan tempat yang luas
- Setting screen fleksibel

Kekurangan :
- Harga cenderung lebih mahal
- Saat akan mencuci / mengganti screen harus dilepas dulu dari catok sehingga saat akan digunakan kembali perlu di setting ulang.

 

5. Meja Single
Meja single adalah meja yang rangkanya terbuat dari besi dan hanya terdapat satu papan / palet yang biasanya terbuat dari bahan blockboard dengan ukuran 45x60 dengan dilapisi asbes. Meja ini membutuhkan bantuan alat, yakni papan triplek / papan kaos jadi (papan yang berbentuk seperti kaos) yang sudah dipasangi dengan noken cewek. Cara pemakaiannya hamper sama dengan meja frame presis, akan tetapi screennya tidak perlu dipaskan dengan cara dijepit di ragum kayu.

Kelebihan :
- Tidak memerlukan tempat yang luas
- Lebih praktis

Kekurangan :
- Harga cenderung lebih murah
- Tidak bisa mengerjakan produksi lebih banyak

 

6. Meja Rotary
Meja Rotary merupakan meja yang menggunakan sistem rotary atau putaran, Terdapat tuas screen yang dapat berputar 360 derajat dengan engsel screen dapat naik turun atau buka tutup pada papan sablon. Terdapat beberapa jenis meja rotary seperti 8x8, 6x6, 4x4, 4x1, dll.

Kelebihan :
- Tingkat presisi sangat baik
- Proses sablon lebih nyaman
- Praktis

Kekurangan :
- Harga lebih mahal 2x lipat dari meja yang lain
- Umumnya untuk sablon dengan tinta plastisol atau tinta yang tidak cepat kering.

 

Yap, mungkin itu dulu yang bisa mimin informasikan. Semoga bermanfaat dan jangan pernah lelah buat belajar dari enol yak ^.^


Wassalamu’alaikum Wr.Wb