Blog

Perbedaan Antara Rubber Dan Plastisol

Perbedaan Antara Rubber Dan Plastisol

Assalamu'alaikum Wr.Wb

 

Kali ini kita akan membahas apa sih?

Yak benar, kita akan membahas perbedaan Rubber dan  Plastisolsmiley

Yuk disimak ^.^

 

Rubber ini tinta sablon berbasis air. Bahan ini memang paling lebih banyak digunakan. Selain lebih terjangkau, Rubber juga bisa untuk semua jenis kain. Namun, Rubber sifatnya lebih cepat kering sehingga butuh pencucian yang lebih.

Sedangkan Plastisol, merupakan tinta sablon berbasis minyak. Tinta jenis Plastisol ini tidak mudah kering dan cocok di aplikasikan untuk design yang detail berupa dot-dot kecil serta raster kecil. Namun, harga Plastisol bisa dikatakan lebih mahal dibandingkan dengan Rubber.

Hasil sablon Rubber biasanya solid, menempel pada permukaan kaos dan permukaannya tidak lengket, warnanya cenderung lebih doft dibandingkan Plastisol. Sedangkan untuk hasil sablon Plastisol permukaannya mengkilap atau glossy.

Untuk Pengeringan Bahan Rubber, hanya perlu dianginkan saja, bisa juga menggunakan kipas angin atau hairdryer. Sedangkan jika memakai bahan Plastisol, pengeringannya harus menggunakan alat pengering khusus atau Hotgun.  

Nah, itu tadi perbedaan antara Rubber dan Plastisol. Tapi, kembali lagi ke selera dan kebutuhan para sabloners.

Mungkin tidak banyak yang dibahas disini, semoga bermanfaat bagi para sabloners nusantara yang sudah membaca blog tentang Perbedaan antara Rubber dan Plastisol.
Jangan menyerah dan belajar darienol yak ^.^
 

Terimakasih.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb