Blog

Macam dan Jenis Karet Rakel Sablon

Macam dan Jenis Karet Rakel Sablon

Assalamu'alaikum

Rakel adalah alat utama sablon yang harus dimiliki oleh para sabloners khususnya yang baru belajar sablon. Rakel pada umumnya terbuat dari karet, yang memiliki fungsi sebagai alat untuk mendorong dan menekan tinta dari kain screen agar menempel pada media yang disablon seperti kain, kertas, plastik dan sebagainya.

Banyak yang menanyakan kepada kami, "mas, enakan yang lancip atau papak sih?." dan ada juga yang tanya, "mbak, emang bedanya papak dan lancip tuh apa ya?."

Oke mari kita bahas ^.^

Macam-macam karet rakel sablon :

1. Karet Rakel Lancip

Jenis karet ini memiliki dua sisi miring yang simetris dengan ujung rakel yang lancip dan kelihatan tajam. Rakel jenis ini digunakan untuk menggesut tinta di bahan tekstil dan biasanya digunakan untuk menghasilkan gambar yang detail atau sablon dengan gambar blok-blokan, akan tetapi juga bisa menyablon dengan format raster.
Biasanya di Gallery Enol SPS menyediakan dua jenis karet rakel, yaitu jenis karet lentur (65A) dan jenis karet kaku (75A), jenis tersebut tergantung kenyamanan masing-masing para sabloners untuk proses menggesut. Dengan ukuran tinggi 50mm x tebal 7mm.

 

2. Karet Rakel Papak / Kotak

Rakel jenis yang ini bentuknya datar dengan kedua sudut lancip 90 derajat persis seperti balok. Biasanya digunakan untuk menggesut tinta solvent. Serta dapat untuk mencetak di bahan tekstil dan lainya seperti plastik, panel listrik, dsb. dan diperlukan untuk menghasilkan gambar yang mengandalkan ketajaman, dan juga rakel papak / kotak ini tahan minyak.
Untuk jenis, di Gallery Enol SPS menyediakan tiga  jenis karet rakel papak ini, yaitu lentur (65A), kaku (75A), dan kaku (80A) dengan ukuran tinggi 50mm x tebal 7mm, sama seperti tadi untuk jenis sesuai kenyamanan para sabloners masing-masing dan karet rakel ini banyak diserbu para sabloners di Jogja terutama kaku (80A).

 

3. Karet Rakel Tumpul

Jenis rakel sablon tumpul bentuknya hampir sama dengan rakel kotak hanya saja kedua sudutnya tumpul. Rakel ini mampu menyapu tinta dalam jumlah yang cukup banyak sehingga baik digunakan untuk bahan kaos, handuk dan selimut.

 

4. Karet Rakel Bulat

Jenis rakel sablon bulat mempunyai ujung bulat dan mampu menyapu tinta dalam jumlah yang cukup banyak dan tebal. Biasa digunakan untuk menyablon tinta yang berwarna menyala dan kontras, misalnya warna.

 

5. Karet Rakel Lancip Sebelah

Biasanya digunakan untuk mesin karena mengesut dengan 1 arah makanya dibuatlah lancip 1 sisi. untuk hasil cetaknya hampir sama dengan yang dihasilkan oleh rakel lancip biasa.

 

6. Karet Rakel Kotak Sebelah

Biasanya digunakan untuk mesin karena mengesut dengan 1 arah makanya dibuatlah kotak 1 sisi. untuk hasil cetaknya hampir sama dengan yang dihasilkan oleh rakel kotak biasa.

 

Mungkin itu dulu yak pembahasan tentang macam dan jenis karet rakel sablon, selalu update info dari web kami. Dan jangan malu bertanya sama mimin ENOL ^.^ Belajar bareng ENOL yak ^.^
Terimakasih

Wassalamu'alaikum Wr.Wb